Cara Mendidik Siswa Sekolah Dasar

Mendidik dan mengajar siswa pada sekolah dasar, tidak semudah seperti membolak telapak tangan. perlu keahlian dan yang paling utama adalah kesabaran, ketekunan, dan ketelatenan. siswa di lingkungan sekolah adalah subjek yang sedang belajar. Dan secara umum belajar merupakan sebagai proses perubahan perilaku, akibat interaksi individu dengan lingkungan dimana siswa berada.

Anak SD
Berdasarkan pengertian tersebut, maka salah satu aspek penting yang perlu dijaga dan dibina suasananya adalah lingkungan siswa berada, dimana dalam hal ini adalah di lingkungan sekolah. Perilaku siswa sekolah dasar adalah dengan kebiasannya yang suka meniru dan mencari sesuatu yang baru dan selalu merasa ingin tahu, membuat siswa meniru berperilaku apa yang telah mereka (siswa) lihat.
Oleh sebab itu, untuk merubah tingkah laku atau perilaku siswa yang kurang baik, diberikan pengertian, pemahaman, dan diarahkan. Mendidik anak di sekolah dasar harus benar-benar penuh kesabaran. Penanaman untuk menumbuhkembangkan perilaku budi pekerti siswa sangat penting untuk diarahkan dengan baik. hal ini tentu dimaksudkan dan berguna baik bagi siswa sekolah dasar agar kelak menjadi individu yang berjiwa pancasila, ramah, santun, dan menghargai perbedaan serta pendapat sesuai dengan tujuan pendidikan di negara ini.
Maka dari itu, peran guru di lingkungan sekolah mempunyai kedudukan yang sangat penting. siswa sejak dari rumahnya, sebelum berangkat sudah membayangkan bahwa dirinya nanti akan bertemu dengan guru dan akan mengikuti pelajaran. kesan-kesan tersebut akan membawa pada pola pikir pada siswa nanti. Berikut, beberapa cara mendidik siswa sekolah dasar agar memiliki perilaku yang membanggakan antara lain yaitu.
  1. Menganggap siswa sebagai anak sendiri.
  2. Guru sebagai orang tua di lingkungan sekolah, senantiasa selalu memberi spirit/semangat kepada siswanya sesalu tanpa rasa jenuh dengan sabar dan tekun.
  3. Sediakan waktu 5-10 menit setiap jam istirahat agar tidak mengganggu pelajaran, untuk berdialog/berkomunikasi dengan siswa tentang topik yang ringan-ringan, menyenangkan, atau bisa saja sambil bernyanyi.
  4. Guru berpenampilan menarik, atau tidak mencolok di depan siswa.
  5. Guru dapat mencerminkan kepribadiannya, tingkah laku yang sopan, tutur kata yang baik, familier, dan mendidik penuh perhatian tanpa memaksa.
  6. Berikan teguran dan sapaan yang positif ketika bertemu dengan siswa yang sedang berperilaku yang kurang baik.
  7. mengajak siswa untuk senantiasa berbicara dengan sopan, sesekali diselingi dengan menggunakan bahasa daerah yang baik dan benar. hal ini penting, karena etika budaya berbahasa daerah yang baik dan benar, sedikit mengalami penurunan.
  8. Perhatian terhadap siswa harus dilakukan secara kontinu dan menyeluruh tanpa pilih kasih.
  9. Bangga dan cinta terhadap profesi sebagai seorang guru.
  10. Bekerja karena amanah.

Semoga tips di atas bermanfaat, khususnya anggota Rumah Guru. Salam Pendidikan 🙂 (blogwahyu.com)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s