Cara Registrasi Pendataan Ulang PNS (PUPNS) Tahun 2015

Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil yang kemudian disingkat menjadi PUPNS ini merupakan suatu pendataan yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) dengan tujuan memperoleh data terbaru yang akurat, terpercaya dan terintegerasi, sebagai dasar kebutuhan dalam mengembangkan sistem informasi kepegawaian Aparatur Sipil Negara.

PNS Guru

Diatur dalam Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor 19 Tahun 2015 mengenai Pedoman Pelaksanaan Pendataan Ulang Pegawai Negeri Sipil, PUPNS ini diselenggarakan secara elektronik atau biasa disebut e-PUPNS yang meliputi tahap pembaharuan data oleh setiap PNS, serta validasi dan verifikasi data secara menyeluruh oleh instansi pusat/instansi daerah sesuai dengan kewenangan yang dimiliki.

Nantinya, data seluruh informasi PNS dihimpun meliputi data riwayat hidup, riwayat pendidkan formal dan non formal, riwayat jabatan dan kepangkatan, riwayat penghargaan, tanda jasa, atau tanda kehormatan, riwayat pengalaman berorganisasi, riwayat gaji, riwayat pendidikan dan pelatihan, daftar penilaian prestasi kerja, surat keputusan, dan kompetensi.

Lalu ada hal yang harus diperhatikan, apabila PNS tidak melaksanakan pembaharuan data melalui e-PUPNS pada periode yang ditentukan, maka data PNS tersebut akan dikeluarkan dari database kepegawaian nasional. Akibatnya pelayanan mutasi kepegawaian yang bersangkutan tidak akan diproses.

Untuk registrasi e-PUPNS cukup mudah, Anda hanya butuh komputer yang terhubung ke internet dan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka halaman utama PUPNS di https://pupns.bkn.go.id/ , lalu klik ‘Daftar’.
  2. Masukkan Nomor Induk Pegawai (NIP) baru tanpa spasi, lalu klik ‘Cari’. Lalu muncul nama dan instansi pemerintah tempat bekerja. Ketik email Anda, kemudian klik ‘Lanjut’.
  3. Buat password Anda. Ketik ulang password di konfirmasi kata kunci, dan tulis nama ibu kandung. Pilih pertanyaan keamanan, silakan pilih salah satu. Kemudian masukkan kode captcha yang sesuai dan klik ‘Registrasi’.
  4. Jika sudah, akan muncul kolom “Regitrasi Sukses”, dengan tampilan nomor registrasi, NIP baru, nama Anda dan instansi. Klik ‘Cetak’ untuk mencetak langsung atau menyimpan kartu tanda bukti registrasi PUPNS.
  5. Kartu tanda bukti ada dua, satu untuk tim verifikasi dan satu untuk PNS. Tim verifikasi tergantung instansi Anda bekerja, jika instansi pemerintah kabupaten/kota, maka yang memverifikasinya adalah BKD kabupaten/kota.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah pdf “Pedoman Pelaksanaan Pendataan Ulang PNS Secara Elektronik Tahun 2015” yang bisa Anda download: klik di sini

Download pula formulir PUPNS di lingkungan pemrintah kabupaten tahun 2015 yang bisa Anda serahkan kepada masing-masing PNS di instansi: klik di sini

Oleh: Faqih | kesekolah.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s